1. Home
  2. Docs
  3. Amaliah

Amaliah

image_pdfimage_print

Praktek amaliah di TQN Pontren Suryalaya terbagi menjadi tiga kategori utama, yaitu dzikir harian (wiridan) yang dilaksanakan setiap selesai shalat fadhu, lalu dzikir mingguan (khatam / khataman) yang dilaksanakan minimal sepekan sekali setiap malam jum’at, dan dzikir bulanan (manaqib / manaqiban) yang dilaksanakan minimal satu bulan sekali.

Wiridan, ialah dzikir yang harus dipraktekkan oleh ikhwan TQN setiap selesai melaksanakan shalat wajib lima kali sehari semalam. Jika berada dalam keadaan darurat, cukup berdzikir jahr sebanyak tiga kali dan sebagai gantinya dapat dilaksanakan secara intens pada waktu senggang.

Khataman, ialah jenis dzikir yang dilaksanakan oleh ikhwan TQN minimal satu kali dalam sepekan, baik dilaksanakan secara bersama-sama maupun secara sendiri-sendiri. Pada umumnya ikhwan TQN melaksanakan khataman itu dua kali dalam sepekan secara berjamaah dengan bimbingan muballigh atau wakil talqin setempat. Adapun tradisi di Pondok Pesantren Suryalaya, KH. A. Shohibulwafa Tajul Arifin melaksanakan khataman ini tiap ba’da shalat maghrib sampai tiba waktu isya.

Artikel

Apakah ini cukup membantu? Yes 4 No

Perlu bantuan?